Friday, June 5, 2009

think globally, act locally


Sore tadi baru saja selesai perkuliahan (atau persekolahan ya???) SOLID KAMMI BRAWIJAYA, sekalipun pada penutupannya tidak banyak peserta yang bisa hadir. Maklumlah, Brawijaya emang dikenal kampus yang paling padet agendanya, sampe-sampe kader-kadernya bingung (hahahaha). Namun pemateri tadi memberikan nuansa yang baru (setidaknya menurut ane loh) dengan adanya sharing pengalaman beliau tentang sepak terjang dia dalam membina dan mengadvokasi para anjal (anak jalanan), PSK, WARIA, GAY dll yang mungkin bagi sebagian aktivis dakwah emoh "menyentuh" mereka. Padahal mereka adalah lahan dakwah dan mereka sebenarnya membutuhkan orang-orang yang bisa membimbing mereka ke arah yang lebih baik.

lalu apa kaitannya dengan "think globally, act locally"??? tentu saja ada (kalo ga ada mah ga mungkin ane jadikan judul hehehhe). Sadar atau tidak sadar kita sering membahas isu-isu nasional, namun kita sering melupakan bahwa kita sekarang tinggal dikota MALANG. Dan kita mungkin lupa bahwa masalah di MALANG juga masih banyak yang belum kita sentuh. Kita boleh berfikir secara global, memikirkan nasib dan masa depan negara indonesia ini, berwacana dll namun memang seharusnya yang tidak boleh kita lupa adalah kita beramal dalam lingkup lokal. Lokal disini kalo boleh ane mengartikan tidak hanya lokal kampus saja karena kampus memang lahan utama kita, namun juga lokal kota malang. Kita lihat saja banyak anak-anak jalanan yang ketika waktunya anak-anak lain sekolah, mereka malah berada di pinggir-pinggir jalan menantikan mobil dengan wajah penuh harap agar mereka bisa mendapatkan uang dari para pengguna jalan tersebut. Dan sebagai seorang KADER KAMMI haruslah peka dengan hal itu. Bahwa masyarakat harus merasakan kiprah KAMMI sebagai gerakan mahasiswa lebih-lebih kita juga membawa bendera dakwah. Maka memang sudah saatnya KAMMI kembali turun ke masyarakat sebagai bentuk kepedulian kita terhadap mereka.

Ane tidak menafikan bahwa yang harus kita pikirkan tidak hanya masalah malang saja namun juga permasalahan bangsa ini karena kita ingin bangsa dan negara indonesia ini lebih islami (karena dengan kata islami mencakup semuanya, mulai dari bermartabat, makmur, sejahtera, adil dll), namun jangan lupakan masalah-masalah yang ada di sekitar kita.

Sadar atau tidak sadar kita lebih banyak berwacana dari pada melakukan amal nyata. Lalu sumbangsih apa yang bisa kita berikan untuk warga kota malang????!!!!
Lalu siapa lagi kalo bukan kita selaku Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia???
sudah saatnya kita berkata tidak pada korupsi (ups salah yo hehehe).
Dan kita sama-sama belajar untuk hal ini.

so THINK GLOBALLY BUT ACT LOCALLY!!!
JANGAN HANYA SEKEDAR BERWACANA, NAMUN JUGA MELAKUKAN AMAL NYATA!!!
ALLAHU AKBAR!!!



by irrhabiyyun

No comments: